Label Could Warna-Warni - http://kurniasepta.blogspot.com */ .label-size-1 a { font-size: 13px; text-decoration: none; color:#4B8A08; } .label-size-2 a { font-size: 15px; text-decoration: none; color:#DF0101; } .label-size-3 a { font-size: 16px;font-family: Arial, Trebuchet MS, Verdana;text-decoration: none; color:#045FB4; } .label-size-4 a { font-size: 18px; text-decoration: none; color:#DF7401; } .label-size-5 a { font-size: 23px; text-decoration: none; color:#045FB4; } .label-size-1 a:hover, .label-size-2 a:hover, .label-size-3 a:hover, .label-size-4 a:hover, .label-size-5 a:hover { text-decoration:underline;}

widget

Friday, September 21, 2012

Kamus Bahasa Arab v3.0

Kamus Bahasa Arab v3.0
Kamus Bahasa Arab v3.0 merupakan software kamus Arab-Indonesia dan Indonesia-Arab yang menurut penyusun sampai saat ini adalah yang terbaik dan terlengkap. Pada versi 3.0 software kamus ini berisi 105146 kosakata. Software ini bersifat freeware dan merupakan hasil karya orang Indonesia.
Penggunaan software kamus ini sangat mudah, tinggal menulis kata yang akan dicari artinya dari Arab-Indonesia atau Indonesia-Arab kemudian menekan tombol ENTER maka hasilnya bila tersedia akan ditampilkan. Juga tersedia fasilitas Arabic Virtual Keyboard untuk menulis kata-kata Bahasa Arab.
Berikut gambar contoh-contoh pengunaan Kamus Bahasa Arab v3.0:
Mencari arti kata Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia dengan Kamus 
Bahasa Arab v3.0
Mencari arti kata Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia dengan Kamus Bahasa Arab v3.0
Mencari arti kata Bahasa Indonesia dalam Bahasa Arab dengan Kamus 
Bahasa Arab v3.0
Mencari arti kata Bahasa Indonesia dalam Bahasa Arab dengan Kamus Bahasa Arab v3.0
Menulis kata Bahasa Arab menggunakan Arabic Virtual Keyboard pada 
Kamus Bahasa Arab v3.0
Menulis kata Bahasa Arab menggunakan Arabic Virtual Keyboard pada Kamus Bahasa Arab v3.0
Kamus Bahasa Arab v3.0 tentunya sangat membantu bagi pelajar yang sedang mempelajari Bahasa Arab. Terutama bagi mereka yang belum menguasai Ilmu Al-Sharfi/Ilmu Al-Tashrif karena untuk menggunakannya tidak diperlukan pengetahuan tentang huruf asli dari suatu kata. Berbeda dengan kamus-kamus yang bersifat fisik yang untuk menggunakan diperlukan pengetahuan tentang huruf asli dari suatu kata. Untuk mengetahui huruf asli suatu kata diperlukan penguasaan terhadap Ilmu Al-Sharfi atau Ilmu Al-Tashrif.
Sebagai contoh, untuk mencari arti kata اِسۡتِقَامَةٌ : pertama kita harus mengetahui bahwa kata ini termasuk bentuk mashdar yang kata kerjanya adalah اِسۡتَقَامَ, kedua kita harus mengembalikan kata kerja اِسۡتَقَامَ yang ada huruf tambahannya ke kata kerja yang belum ada tambahannya yaitu قَامَ  dan ketiga ternyata dalam kata kerja dasar ini ada huruf yang dibalik yaitu و menjadi ا sehingga huruf asli dari kata ini adalah ق و م. Selanjutnya baru dapat dicari arti kata tersebut di kamus pada entri ق و م.  Dengan software Kamus Bahasa Arab v3.0 hal langkah-langkah tersebut tentunya tidak perlu dilakukan. Cukup ketik kata اِسۡتِقَامَةٌ lalu tekan tombol ENTER dan hasilnya pun akan ditampilkan.
Perlu diperhatikan, Kamus Bahasa Arab v3.0 ini hanya akan berjalan dengan sempurna pada komputer berbasis sistem operasi Microsoft Windows yang telah ditambahi Arabic Language Support dengan sempurna. Bila tidak, maka Huruf Arab dalam Kamus Bahasa Arab v3.0 tidak dapat ditampilkan dengan benar, bahkan bisa berubah menjadi simbol-simbol yang tidak terbaca sama sekali. Untuk menambahkan Arabic Language Support, silahkan ikuti langkah-langkahnya dalam tutorial Menulis Huruf Arab Menggunakan Komputer atau download tutorialnya dalam bentuk PDF di tulisan ini.
Bagi Anda yang ingin menggunakan Kamus Bahasa Arab v3.0 ini, silahkan download di situs pembuatnya: Kamus Bahasa Arab v3.0.
Update: Situs/blog pembuat Kamus Bahasa Arab v3.0 agaknya telah dihapus oleh pemiliknya dan sepertinya sedang membangun situs baru dengan alamat baru di sini dan software Kamus Bahasa Arab v3.0 dapat didownload di sini. Kamus Bahasa Arab v3.0 juga dapat didownload di link-link berikut yang diupload oleh selain pembuatnya:
Semoga penyusun Kamus Bahasa Arab v3.0 dapat segera memperbaharui situsnya sehingga link-link download alternatif di atas dapat segera penyusun hapus dari Catatan Belajarku ini dan semoga beliau dapat segera melanjutkan pengembangan software yang sangat bermanfaat ini.
Demikian semoga informasi singkat ini bermanfaat.

اللّٰهُمَّ اغۡفِرۡ لِيۡ مَا قَدَّمۡتُ وَ مَا أَخَّرۡتُ وَ مَا أَسۡرَرۡتُ وَ مَا أَعۡلَنۡتُ وَ مَا أَنۡتَ أَعۡلَمُ بِهِ مِنِّيۡ أَنۡتَ الۡمُقَدِّمُ وَ أَنۡتَ الۡمُؤَخِّرُ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنۡتَ.
وَ الۡحَمۡدُ لِلّٰهِ الَّذِيۡ بِنِعۡمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ وَ الۡحَمۡدُ لِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ.

Read more: Kamus Bahasa Arab v3.0 | Kamus Bahasa Arab | Catatan Belajarku http://www.msrosyidi.com/kamus-bahasa-arab-v30/#ixzz2769z5hFQ
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

No comments:

Post a Comment